Powered by Blogger.

Search This Blog

Thursday, December 22, 2011

cara merubah format flasdisk dari FAT32 ke NTFS


   berikut saya akan share cara merubah format flasdisk dari FAT32 ke NTFS... pertama kita harus mengetahui kekurangan dan kelebihan dari masing-masing format agar kita bisa memilih salah satu di antara kedua format tersebut

kelebihan FAT32
   filesistem FAT32 memiliki kelebihan yaitu performa yang cukup baik untuk menghandle kapasitas hardisk yang tidak terlalu besar. Konon, untuk partisi hardisk yang kecil, performa FAT32 lebih baik ketimbang NTFS.Kelebihan lain dari FAT32 yaitu dari hasil pencarian adalah kompatibilitas terhadap data dan software lawas. hampir semua sistem operasi (microsoft maupun non-microsoft) mampu melakukan read-write terhadap partisi FAT32.

kekurangan FAT32
   Kekurangan yang paling mencolok filesistem FAT32 ini adalah penanganan kapasitas besar (diatas 32GB). performa FAT32 kurang mumpuni untuk menangani kapasitas besar, bahkan sistem operasi windows membatasi besaran partisi maksimum untuk filesistem FAT32 hingga 32gb saja. FAT32 juga memiliki kekurangan untuk urusan keamanan yaitu, FAT32 tidak memiliki fitur enkripsi data. bukan hanya itu, FAT32 juga memiliki kelemahan yang cukup fatal bagi orang-orang yang sehari-hari berkecimpung dengan file-file berukuran besar, Filesistem FAT32 tidak mampu menampung single file berukuran 4gb atau lebih.

kelebihan NTFS
  NTFS (New Technology File System) adalah file sistem default untuk windows NT. File sistem ini memiliki sejumlah kelebihan dalam menangani partisi dengan kapasitas besar. NTFS ini juga memperhatikan soal keamanan karena dilengkapi dengan fitur enkripsi data. Selain itu, NTFS memiliki fitur disk compression untuk menghemat space hardisk.

kekurangan NTFS
  Kekurangan NTFS yang sering dibicarakan adalah kompatibilitas terhadap software atau operating sistem lama seperti win 9x dan ME.

nah.... bagaimana??? format yang manakah yang anda akan pilih??? apakah flasdisk anda tetap di format FAT32 atau berpindah ke NTFS... pilihan ada di tangan anda...

bagi anda-anda yang ingin berpindah ke format NTFS, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Masuk ke Start>Run
2. Lalu ketik cmd
3. Sekarang ketik CONVERT [drive] /FS:NTFS
seperti nih commandnya ( misalkan drive G yang ingin saya convert ) : CONVERT G: /FS:NTFS dan tekan Enter.

sekian dari saya.... mudah-mudahan bermanfaat untuk anda...

0 comments:

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...